About

Rabu, 01 Juni 2011

Ada Apa Dengan Narkoba ?


Tahukah kamu,apa narkoba itu? Dalam bahasa Yunani narkoba disebut dengan “Narkose” yang berarti candu.Sebenarnya,narkoba merupakan jenis obat yang digunakan dalam dunia medis,sebagai antibiotik dan anerteri.Sedangkan di masyarakat cenderung menggunakan kafein dalam kopi / teh serta alkohol dalam minuman ringan.
Namun demikian tidak semua jenis narkoba digunakan dengan sebagaimana mestinya.Sebagian masyarakat kita menggunakan narkoba justru sebagai obat depresan,stimulan,halusinogen dan opiate.Memang benar narkoba merupakan salah satu zat adiktif yang dapat menyebabkan kecanduan dan ketaguhan pada pemakainya.Zat adiktif dan psikotropika dalam sehari-hari dikenal dengan nama  NARKOBA(Narkotika dan obat berbahaya) atau NAPZA(Narkotika,Psikotropika,Zat berbahaya)
Nah,berikut ini akan diuraikan jenis-jenis zat adiktif dan psikotropika.Jenis-jenis Narkoba sebagi berikut :
 A.Kanabis (Ganja) 

Ganja adalah hasil kering dari daun,bunga,biji dan ranting muda tanaman Mariyuana (cannabis sativa).Tanaman  ganja banyak di tanam di daerah iklim tropic,kalau di Indonesia kebanyakan di Aceh dan Irian jaya.
 B.Hashis

            Hashis berasal dari getah getah pucuk berbunga dari tanaman mariyuana.Hashis banyak beredar di Amerika,Australia dan Eropa.
 C.Opium

 Opium berasal dari getah buah buah mentah papaver somniferum .Tanaman ini banyak ditanam di

daerah iklim panas dan kering seperti di perbatasan negara Laos,Thailand  dan Myanmar. 
 D.Morfin
 Morfin merupakan alkoid terbanyak dari getah opium.Bentuk morfin adalah Kristal,berwarna putih kecoklatan,tidak berbau.
 E.Heroin (Putauw)
 Heroin merupakan turunan morfin. Heroin berasa agak pahit sehingga sering dicampur dengan gula,cokelat dan macam-macam aroma.Heroin dipasaran beredar dalam bentuk pil yang beragam warna.
 F.Kokain 

Zat ini berasal dari tanaman koka(Erythroxylon coca) yang banyak tumbuh tersembunyi dilereng Pegunungan Amerika Latin,Kolumbia danPeru.  
Sedangkan jenis obat-obatan terlarang diantaranya adalah alkohol, gas yang dihirup (inhalansia) atau zat pelarut (solven).
 1.Alkohol
 Alkohol terbuat dari fermentasi bahan-bahan yang mengandung kadar gula tinggi,misalkan anggur,beras dan singkong.Minuman alkohol mengandung zat ethanol.Warna dan rasanya bermacam-macam tergantung bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.
Alkohol biasanya terdapat dalam minuman keras yang dibedakan menjadi 3 golongan,yaitu :
Ø      Golongan A = Minuman keras yang kadar alkoholnya 1%-5%.Contohnya: Bir.
Ø      Golongan B =Minuman keras yang kadar alkoholnya 5%-20%.Contohnya:Anggur.
Ø      Golongan   C = Minuman keras yang kadar alkoholnya 20 %-55 %.Contohnya:Arak,mansion dan brandy.
 2.Gas yang dihirup (inhalansia) atau zat pelarut (solven).


 Inhalansia adalah Adalah uap bahan yang mudah menguap yang dihirup. Contohnya aerosol, aica aibon, isi korek api gas, cairan untuk dry cleaning, tinner, uap bensin.Umumnya digunakan oleh anak di bawah umur atau golongan kurang mampu/anak jalanan.
 3.Nikotin
 Nikotin terkandung dalam daun tembakau.Akibat penggunaan nikotin yang dikonsumsi melalui rokok adalah kecanduan,kerusakan jaringan otak,darah mudah menggumpal.
 4.Kafein
Kafein terkandung dalam teh dan kopi.Zat ini berkhasiat menstimulasi susunan saraf pusat dengan efek menghilangkan rasa lapar,letih dan mengantuk.Kafein juga dapat meningkatkan daya konsentrasi dan suasana jiwa.

0 komentar:

Posting Komentar